BREAKING NEWS

Download

Thursday, March 13, 2008

Mencari tahu the Daily Page Views untuk tiap rubrik Wikipedia

Wikipedia merajai halaman depan mbah Google hampir untuk tiap istilah yang dikenal manusia seperti American Idol, Blogs, iPod, SEO atau Britney Spears.

Nggak heranlah, secara halaman Wikipedia (lebih dari 2 juta halaman) dapet trafik organik yang brutal dari mbah google dan mesin pencari lainnya. Tapi macem mana kamu bisa tahu berapa kali halaman artikel di wikipedia itu dilihat (atau di-hits) tiap harinya ?

Dengan menggunakan raw server logs dari Wikistats, Admin Wikipedia Henrik meniptakan alat di stats.grok.se yang bisa menunjukkan berapa kali halaman tertentu sudah dilihat di Wikipedia. Ini mirip dengan Google Analytics buat Wikipedia dengan akses publik.

wikipediaStatistik Wikipedia....


Lantas apa gunanya buat blogger ? Jelas, ini bisa jadi tambang emas buat isi konten blog kita karena trafik dari artikel wikipedia individual seringkali seiring dengan popularitas term tersebut di jagad intenet. Sebagai contoh, Notebook dan Laptop tentu saja dasarnya adalah dua hal yang sama tapi ternyata orang lebih suka menggunakan term Laptop daripada Notebook.

Dan jelas ini jauh lebih bagus daripada Google Trends, BlogPulse atay layanan buzz tracking yang lain karena di sini elu bisa tahu dengan tepat JUMLAH pembaca, bukan data relatifa. (Baca: "How to Track Wikipedia Articles")


Seneng dan merasa terbantu dengan artikel di atas ? Langganan lewat email deh disini biar selalu uptodate !

Courtesy of Amit Argawal translated into Bahasa Indonesia by Bikinblogger


Post a Comment

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.