BREAKING NEWS

Download

Thursday, March 1, 2012

Objek Oriented - Mendesain Sebuah Program

Objek Oriented - Mendesain Sebuah Program - Pemograman bukan hanya sekedar menuliskan syntax. lebih dari itu, pemograman melinatkan berbagai aspek, diantaranya Perencanaan dan desain. Desain program yang buruk, akan menghasilkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang baik hasilnya.
Ada sebuah istilah dalam dunia pemograman "anda tidak boleh terburu buru dalam membuat program, semakin cepat anda memulai langkah dengan menuliskan program/syntax, maka akan semakin lama pekerjaan itu selesai". Ini metupakan bagian dari pemograman berorientasi objek. dengan kata lain, semakin baik kita dalam mendesain program, semakin pekerjaan selesai dengan hasil yang kita inginkan.

Siklus pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak, merupakan sebuah proses mendesain dan menulis/coding perangkat lunak. Siklus pengembangan Perangkat Lunak merujuk pada beberapa fase yang berbeda.secara umum kita dapat membagu tahapan tersebut mejadi 4 bagian.
Tahapan-tahapan tersebut adalah:
- Spesification, (Spesifikasi) pada tahap ini kita harus membuat menjelaskan masalah, dan menjelaskan secara terperinci dari program yang akan dita buat.
- Design, (Desain) pada tahap ini kita harus menentukan dan merancang berbagai macam Class, Method, dan Data, yang nantinya akan kita gunakan dalam program.
- Implementation, (Implementasi) tahapan ini merupakan menerapkan/mengimplementasikan desain yang kita buat kedalam kode program (Java, C++, atau bahasa Pemograman lain yang berorientasi Objek).
- Testing, (Uji Coba) tahapan ini dilakukan untuk mengetahui kinerja program yang kita buat.

Dibawh ini diagram proses pengembangan program


Jadi untuk membuat program yang bagus, mulailah dengan belajar mendesain program. Moga bermanfat.

Post a Comment

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.