BREAKING NEWS

Download

Monday, April 16, 2007

Google_Analytic , sebuah hadiah istimewa dari mbah Google !

Hari ini seperti biasa gua surfing ke account google gua dan menemukan google analytic gua yang sudah lama tebengkalai . Dan begitu gua tengok, alamak jang ! Manteb tenan dia punya statistik. Mungkin formatnya gak beda jauh sama penyedia statistik gratisan macem statcounter, tapi yang manteb itu ada visit/$ nya itu lho ! TOOOOOOOOOOOP ! dan ini sekaligus mungkin mengugurkan anggepan bahwa blog gratisan terbatas pelayanannya, but not for mbah Google !
...dari dulu gua udah nungguin layanan statistik terintegrasi macem ini dari gembongya sendiri mbah Google! bikin penyedia statistik gratisan yang lain mati mendadak seperti bloglines yang dilibas Google reader...
Seperti sering gua bilang, tarok investasi di sarang burungnya mbah google, yang sering gua sebut sebagai G to G, bener-bener worth it to carry on ! Punya email dengan manajemen yang menakjubkan dari gmail, punya server hosting gratis dari blogger,masang Adsense dari google, statistik dari google analytic, search engine tailor made pakaai google co op, Rss roll pake google reader. Dan masih banyaaaaaaaaaaaak yang belum tergali, padahal hasil dari google labs ibaratnya seperti aer terjun ! Ada ajah ! Belum selesai kagum sama google earth, eh ada google mars ! Blon slesai CPC ads, eh sudah ada cpa ad dari adsense...matur nuwun mas sergei brin ! Pokoknya kalo gua sempat gua tebar di sini deh hasil utak-utik dan nyolong gua !

Nah, tanpa banyak basa-basi mari kita tampilkan GOOGLE ANALYTIC ! INI TAMPILAN DEPANNYA : (klik lagi buat memperbesar)

Marketer View :
Mari kita telaah,dashbor utama terdiri dari dua kolom, kolom pertama berisi view, yang bisa kita pilih sebagai executive view (seperti gambar diatas) atau marketer view, ataupun webmaster view. KArena banyak yang mau belajar cari duit, maka gua pilih aja marketer view.

Di bagian ini kita akan melihat :
  • Marketer Overview
  • Marketing Summary
  • All CPC analysis
  • CPC vs Organic Conversion
  • Overall Keyword conversion
  • Keyword Consideration
  • Campaign Conversion
  • Conversion Summarry
  • Site Overlay
  • Defined funnel Navigation
  • Entrance bounce rates
Ok, sekarang Marketer Overview berisi :
  1. Visit and pageviews. Bikinblogger ini dari tanggal 9 sampe 15 April ini (seminggu) punya rata-rata 1.35 P/V, artinya setiap pengunjung mengunjungi 1,35 halaman. Sedangkan jumlah kunjungan 354 dengan pageviews 470.
  2. Visit by new and returns. Artinya kunjungan yang dilakukan sama orang yang baru pertamakali ngunjungin blog ini sama yan gsudah pernah. Dan seminggu ini ada 87 persen pengunjung baru (berarti laku, asyik :P) dan 13% pengunjung setia (terima kasih )
  3. Geo map overlay, dari mana pengunjugn berasal, lu liat sendiri peta diatas itu..gampang kan, terus kalo lu klik noktah kuning-kuning itu akan keluar statistiknya, misal si gimin ngeklik dari fez, maroko, pake isp maroko.net, jam berapa, berapa lama, halaman apa aja..ngeklik adsense gak...buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaak pokoke.
  4. Visits by source, ini mengatakan darimana pengunjung kita berasal . Lebih kepada referensi web pages. Misalkan bikin blogger minggu ini mendapat kunjungan terbesar dari http://mimitmamat.blogspot.com sebesar 58%, berikutnya adalah dari other sebesar 16%, direct sebesar 8% (ini yang terpenting, branding ! ), http://mamatmimit.blogspot.com dan google.com sama-sama menorehkan 6% dan terakhir cosaaranda.com sebesar 5% ! Dari sini aja kita bisa mengambil langkah berikutnya, apa yang mesti dilakukan. Misalkan semakin banyak bikin comment di cosa aranda.
Marketing Summary
  1. Top 5 sources => nomer satu dari mimitmamat.blogspot.com
  2. Top 5 Keywords => nomer satu adalah "mengetes trafic blog"
  3. Top 5 campaign, nomer satu tetep dari referral, artinya di referensiin oleh website lain. Dan ini berarti semakin mendukung argumen pentingya RSS dan backlink. Nomer dua adalah direct (berarti orang banyak mengingat bikinblogger) dan yang ketiga adalah organics, berarti bangsa dari search engine.
Entrance Bounce Rates (karena saking banyaknya gua tulis yang ini aja dulu karena gua suka isinya.) Isinya adalah mengatakan artikel apa yang paling banyak dibaca, apakah setelah membaca mereka langusng cabut ato pergi ke halaman lain ? Semuanya bisa dilihat di sini.

Karena banyak banget fasilitas, maka gua jadi males nulis nih, yang lain lu ulik sendiri aja. Yang jelas ini sangat membantu, selain gratis, ini datang dari biangnya sendiri GOOGLE jadi sahih ! Sok atuh dicobian !




6 comments :

  1. aku paling setuju dengan poin ke-4 dari bahasan Marketer Overview :Dh

    ReplyDelete
  2. hahahahaha...yayaya harus diakui bung cosa, anda berbakat menjadikan satu situs sebagai magnet. The mecca of Indonesia adsense...dengan pendapatan 200 bucks per hari, saya yakin anda leyeh-leyeh dan di rumah saja ya bung ? Edan tenan....:P

    ReplyDelete
  3. GoStats is a great alternative to google analytics or stat counter. You may notice that GoStats is better.

    ReplyDelete
  4. Setuju, liat2 google analytic memang menyengkan bro.

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.