BREAKING NEWS

Download

Friday, November 9, 2007

SEO Tactics Dasar untuk SERP

SEO paan sih ? SERP paan sih ? Dalam rangka mengantisipasi newbie dalam dunia perbloggingan gua kasih tahu lagi deh, SEO (Search Engine Optimization) yaitu teknik gimana caranya biar blog kita nangkring di halaman awal search engine, dalam hal ini tentu saja mbah Gugel. Ingat prinsip G to G ala bikinblogger. Lantas SERP paan men ? Search Engine Result Page, emangnya cuman ABRI doang yang jago akronim ? Di dunia ginian sama ajah...lebih parah malah...

Bagaimana dengan yahoo dan MSN ? Boleh juga, tapi kita fokus ke yang terbesar dulu deh, mbah Gugel. Walopun dari tahun 2003-an search engine algorithma buat crawling nggak terlalu meduliin H1 atau code HTML yang lain, cuman ada baiknya kita coba, siapa tahu masih ada celahnya...daripada nggak ada sama sekali. OK let's get it on :

The Meta Keywords, Description dan Robots tag — Google nggunain description copy buat masarin situs lu di halaman pencarian mereka, makanya elu harus memberlakukannya sebagai alat penjualan situs lu juga. Pastiin halaman sitemap.xml elu TERUS MENERUS tercrawler sama mbah Gugel. Cara bikin sitemap.xml ada di sini nih...

The Title Tag - Aspek paling penting dari on-page SEO, yaitu JUDUL.

The Body Text (tebelin aja kata kunci yang elu incer di halaman postingan lu, misal lu pengen semua orang yang nyari kata kunci TOKET biar nyangsang ke blog lu...:P

Kalimat pertama di the body text dan kata-kata pertama dalam kalimat yaitu bagian terpenting juga dari on-page SEO (bikinlah semanusiawi mungkin dan terbaca sama search engine) Kata-kata yang digunakan di awal kalimat adalah yang paling terpenting, karena penerapan algoritma LSI-nya mbah Gugel. LSI algorithm.
Algoritma LSI itu akronim maning cep ! Latent Semantic Indexing, yaitu algoritma yang mencobna meniru pola pikir otak kita ! Misalkan elu pengen menulis tentang keindahan wanita, maka biasanya lu ulangi sadar-nggak sadar kata-kata seperti TOKET, PANTAT ,MUKA pokoknya yang berhubungan dengan itu. Nah mesin pencari juga akan punya pikiran demikian. Lu kan sering lihat kan kadang ada kata-kata tambahan penggoda dari mbah google kalo lu salah nulis sebagai toked, biasanya mbah Gugel akan bilang Do you mean TOKET ? lha itu LSI sudah bekerja...
The URL — Folder subdirectory dan halaman isi haruslah ter-SEO juga (contoh :
http://bikinblogger.blogspot.com/search/label/SEO akan besar kemungkinan tercrawl sama mesin pencarinya mbah Gugel di halaman atas SERP nya, yang membahas mengenai SEO - terutama yang otoritasinya tinggi (PR), relevan, dan banyak mengandung in-bound links)

SEO

SEO tactics....


The H1 dan H2 Texts
juga penting - Kenapa? Karena mereka inilah yang 'memamerkan diri' biar dilirik crawler-nya search engine sebagai 'kencan utama' dan hal inilah membuat daftar isi situs kita terindeks kalo mereka berhasil kencan. Buatlah keyword yang akrab di telinga dan mencerminkan judul halaman kita juga, nyambung lah pokokna mah !

Same Site Link Texts
— Koneksi antar halaman di satu situs harus mengandung keyword target yang sama dengan link keluar situs luh — walopun agak melelahkan, target keyword yang bervariasi juga akan menolong.

Same-Site Link URLs
— Keywords doang ga cukup buat SEO, URL link elu pun harus SEO-friendly ( contoh : http://domain.com/your-keyword.html)

Outbound Link Text
— Sumber link elu juga musti di SEO-in, kalo lu punya situs tentang internet marketing dan punya link ke alamat email sebuah perusahaan marketing (email marketing software sebagai contoh ),misalkan elu nulisnya begini “Put your internet marketing on auto-pilot and use the best tool for internet marketers today - internet marketing email software. Abis itu tinggal improve varian internet marketing ajah.

IMG Alt Tags
— Gambar lu pade musti lu deskripsiin dengan tag ALT yang harus lu isi dengan keyword yang lu sasar - kalo gambar elu lu tarok di web-host lu sendiri, penamaan file gambar juga harus di SEO-in — Misalkan jika elu punya gambar mengenai TOKET sebisa mungkin nama gambar lu harus TOKET.jpg di folder gambar elu.

Keyword Density
— 8% adalah ukuran sempurnanya dan tidak terlalu kelihatan sebagai spam, misalkan lu punya postingan sebanyak 500 kata, maka sebanyak 40 kata-katanya harus mengandung keyword yang lu sasar beserta variasinya, kalo masih lu rasa kebanyakan, kurangi aja jadi 5% dan itu berarti cumak 25 variasi keyword. Dan ini baru awalnya lho… (Keyword yang menonjol emang penting, cumak gak usah dibahas disini dulu deh).

Your HTML comments should have your SEO terms in them (!!) — ada yang bertanya tentang relevansinya dengan PR lu, gua sih blon yakin juga, tapi kebanyakan situs besar punya html comments yang berhubungan dengan search terms mereka. Kalo lu udah tamat mempelajari isi on-page lu, lu bisa nyiriin deh bahwa situs-situs yang PR-nya tinggi itu kebantu dengan komentar-komentara di situs itu yang mengandung keywaord yang dicari orang di search engine! Jadi memang halaman komentar itu penting !

Selamat mencoba !
Property of Miles Price, translated to Indonesian by Bikinblogger.

9 comments :

  1. Mencoba tuk menjadikan hidup yang lebih baik, kira-kira apa yach jalan keluarnya, ada yang tau gak nech...ch

    ReplyDelete
  2. hidup yang lebih baek ? lemme guess...elu satu karyawan bergaji kecil di belantara beton jakarta yang nggak puas dengan gaji lu tapi juga nggak berani keluar....coba untuk pertama kali di ospek dulu dengan baca ini....

    ReplyDelete
  3. tulisan yang sangat menarik, namun kayaknya tulisan tersebut pernah saya baca di salah satu blog yang berbahasa inggris, apakah tulisan tersebut terjemahaannya , he he he

    ReplyDelete
  4. Elu bego apa emang cuman pengen ngelecehin ? Baris terakhir lu lihat deh....

    ReplyDelete
  5. bos ajarin caranya cari trafik pake rSS dong.

    ReplyDelete
  6. nih gua kasih kata kuncinya : bundling dengan program lain !

    ReplyDelete
  7. ahahaha newbie ne om..link buat blog2 yang berguna ada lagi ga' om ?? mau nanya2 sekalian...hehe..btw..makasi y a om..bagus2...2 thumps up de...hhehe..

    ReplyDelete
  8. makasih terry, lu kok sok pasti kalo gua oom ? heheehe...inget tari, yang pasti dari dunia internet adalah 'perubahan', jad antisipasi perubahan adalah dengan selalu update !

    ReplyDelete
  9. Hanya sedikit bertanya bolah gax gan .

    Berbicara tentang SEO pasti kita secara tidak langsung berbicara keyword donk ..

    Nah, bagaimana kalau seandainya di setiap postingan di pasang banyak sekali tag yang berhubungan dengan keyword tersebut ..

    apakah itu boleh kita lakukan ...

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.