BREAKING NEWS

Download

Monday, March 31, 2008

Robots mbah Google....lagi !


Udah tahu kan gimana akrabnya Googlebot ? Dan seperti robot2 lain yang baik hati lagipula engga sombong, dia bisa ngedengerin kita dan menghormati harapan2 kita tentang bagian2 mana aja di situs kita yang kita nggak ingin dicrawled sama mbah google. Tinggal tambahin sebuah file robots.txt yang nerangin apa aja yang kita inginkan, dan dia akan cocok dengan sendirinya.

Tapi tar dulu, bagaimana kalo elu bisa ngobrol ama si robot entuh ? Iya ya ? Tapi kan nggak semua Kalo udah selesai kita bisa bicara pake bahasa robot, nah lo ? Nha, inilah kenapa mbah google dengan gembira memperkenalken penerjemah bahasa robot pribadi !: the Robots.txt Generator di Webmaster Tools. Mesin ini dirancang untuk memberikan elu-elu pade cara yang interaktif dan gampang buat bikin sebuah file robots.txt. Prosesnya bisa segampang masukin file-file dan direktori2 yang elu nggak mau ke crawl ama robotnya mbah google.

robots.txt

Ato, kalo lu butuh,elu bisa bikin aturan sejernih air untuk robot2 dan area2 di situs elu seperti dibawah ini.

robots.txt

Kalo lu udah selesai ama generator ini, coba deh, lu tes efeknya dengan alat analisa robots.txt. Kalo udah selesai, lu tinggal nge-save file hasilnya di bagian direktori paling atas (root). Ada beberapa hal yang musti lu inget tentang file robots.txt :

* Enggak semua mesin pencari akan mendukung setiap extension menuju file-file robots.txt

Generator Robots.txt bikin file-file yang akan dimengerti oleh Googlebot, dan mayoritas robot-robot lain sih bakal ngerti juga. Tapi mungkin juga beberapa robot nggak akan ngerti semua fitur robots.txt yang digunain sama generator ini.

* Robots.txt adalah sebuah request sederhana

Walopun nggak dari sebuah mesin pencari utama,ada beberapa robot yang munbgkin abai isi dari robots.txt dan jadinya crawl langung ngeblok ajah. Kalo lu punya isi situs yang sensitif dan butuh perlindungan menyeluruh, elu musti narok password protection daripada ngandelin robots.txt.

Kita arepin sih alat baru ini bisa nolongin elu berkomunikasi tentang hal-hal yang elu pinginin ke Googlebot dan robot-robot lain yang ngunjunbgin situs elu. Kalo elu mau belajar lagi tentang robots.txt files, pergi aja ke Help Center. Lantas kalo elu masih bingung, pegi aja ke Google Webmaster Help Group.





8 comments :

  1. Thank yaa atas artikel tentang robot.txt untuk mbah google. Tapi kalo ada yang lebih lengkap tentang cara buatnya..boleh dong disertkana

    Dari :www.sampara.com

    ReplyDelete
  2. Tolong ya tulis lagi tentang cara yang lebih detail tentang cara buat file robot.txt untuk google. Soalnya saya kurang ngerti ...

    Dari :www.sampara.com

    ReplyDelete
  3. weeeyy mas mana ga kebukti bikin backgroundnya

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih buat artikel robot.txtnya berguna banget, tapi ada yang lebih mendetail gak soalnya maklumlah.."pemula"
    Dari : www.sampara.com

    ReplyDelete
  5. bacain dulu aja akh.., maklum masih baru.

    ReplyDelete
  6. ini saya msh dilanda kebingungan dlm bikin blog....krn saya msh sgt pemula untuk hal ini...

    ReplyDelete
  7. coba bingung apanya, gampang kok...sebutin aja dari yang dibingungin, nanti coba kita bantu...

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.