BREAKING NEWS

Download

Friday, April 20, 2007

Google co op VS Eurekster Swicki !

Ternyata sipat mBah Google yang 'meneng-meneng nylenthem' alias diam tapi menghanyutkan mulai memakan korban. Kemaren Bloglines diembat Google Reader, kemaren lagi MSN diembat dalam rebutan juragan iklan On line DoubleClick. Belum lagi Google Spreadsheet jelas-jelas mengancam Microsoft Office, bayangin, siapa sih yang mau milih Microsoft Office yang muahal itu kalo ada yang gratis ?, sudah begitu Web Based pulak ! Edaaaaaan !

...jelas terlihat mbah google akan selalu lapar mau dibeli ato dimatiin ? begitulah kata
mbahGoogle...
Mengetahui selera 'orang' adalah kelebihan Google. Innovasi tiada henti dan berbagi adalah kunci suksesnya dan itu dimulai dari Google Labs ! Semua orang di dunia boleh mengutarakan atau membangun idenya disini ! Kalo elu seorang web savvy, hacker ato pun Phd computer dikasih mainan ginian, jelas langsung diembat ! Dan hasilnya ? Produk dan innovasi mbah Google yang semakin membuat kaya saja dia.

Bayangin, kalo AdSense ini kita anggap sebagai gelombang internet ke II, setelah gelombang dot.com kemaren hari,ini bikin hidup lebih hidup ! Artinya orang berlomba-lomba membikin situs, blog dan lain-lain karena adanya rangsangan duit ! Ya, duit ! Nggak ada motivasi lain sebesar DUIT ! Apakah yahoo nggak bertindak ? Apakah MSN nggak bertindak ? Bertindak, tapi selalu mengekor dan keduluan Google ! Padahal, siapa cepat dia dapat adalah simbol kemenangan di internet ! Yahoo mengekor dengan YPN, tapi masih buat Amerika sama Kanada saja, kan telat bulan namanya ? MSN dengan Microsoft AdNetworking, malah kudu bayar dulu ! Heran Oom Bill Gates ini kok rakus temen ! Apalagi setelah kalah rebutan doubleclicks, artinya Adsense sekarang menguasai 80% iklan online ! Artinya elu harus merawat account adsense lu baik-baik !

Padahal kalo mau belajar dari mBah Google, kasih dulu nanti pasti balik lagi ke kita bahkan lebih besar ! Lha kemaren aja revenue google (hampir yakin 99% dari Adwords) itu kalo gak asalah 3 Milyar dollar lebih ! Lha direct costnya (adSense yang dibagi-bagi ke sampeyan itu ) cumak sekitar 900 juta dollar ! Itung aja untungnya sendiri ! Padahal bikin blogger cumak dapet 300 - 400 dollar sebulan, alias 0,000001 % nya ! Ini yang nggak pernah diambil pelajaran sama Yahoo dan MSN. Sampe-sampe AOL-Time-Warner yang dulu bergabung dan disebut sebagai 'merger terbesar yang pernah ada' tetep aja keok dan akhirnya beli search engine dari mbah google !

Tapi di daratan Eropa sana ada yang namanya Eurekster ! Dateng-dateng langsung nantang google, "Let's cut down Google ! " katanya. Gile, berani bener dia nantang langsung mbah Google. Dan rupanya dia juga menggunakan teknik yang sama sama mbah google, Semakin banyak memberi semakin banyak menerima ! Jargon utama kaum Open Source ! Mulailah si Eurekster dengan produknya Swicki ! Gabungan antara Search Engine dan Wiki. Intinya pingin meniru sukses Google dan wikipedia ! Digabungin satu ! Dan dia membolehkan kita memasang iklan 3rd party di dalamnya, termasuk Google Adsense !

Rupanya si google juga sadar, nggak percuma dia kemaren meng-hire 10.000 Phd setahun ke depan ! Makanya dijawab dengan google co op ! Ini mirip dengan Adsense Search, tapi lebih canggih ! Apa canggihnya ? Bisa kita customize sesuka kita ! Bahkan intinya kita bisa bikin search engine Stand Alone sendiri ! Kalo elu melek XML lebih enak lagi, bikin aja banyak-banyak search engine, tarok di di Google Pages, punya deh search engine sendiri. Sejak diluncurkan Oktober tahun lalu (gua baru tahu sekarang, ngehek !) sudah diluncurkan lebih dari 100.000 search engine baru, dan masing-masing publisher bisa saling bekerjasama lho ! Ok nanti kalo elu sudah bikin elu link dengan search Engine gua ya ? Biar tambah rame networknya !

Dan bagian terindahnya adalah apalagi kalo bukan AdSense ! Search engine kita akan disertai dengan kode AdSense kita ! Jadi iklan yang muncul duitnya masuk kantong kita bung ! hahahahahahah...bener-bener web 2.0 tenan ! Biarkan orang yang bekerja buat kita bukan kita !

Ok kembali ke Google Co op, dan statistiknya bisa kita tempelin di blog kita baik sebagai widget ataupun RSS ! Tapi tunggu dulu, untuk sampe ke popular query, maka query per hari di search engine kita harus banyak, dan itupun harus sesuai dengan tema blog kita ! Biasanya setelah dua bulan baru tertampilkan tuh query ! Jadi memang google ketat dalam hal ini ! Ini yang membedakan dengan eurekster, yang tidak peduli semua keywords pokoknya dimasukin (walopun bisa kita sensor, tapi kalo sudah ribuan query tiap hari mah gempor juga !). Jadi kelebihan google co op, mereka melakukan sensorship sendiri sesuai dengan tema blog ! Ini menguntungkan dalam jangka panjang ! Bagaimanapun blog yang fokus pada niche-nya memang harus diakui selalu untung !

Mari kita bandingin kelebihan dan kekurangan :
Eurekster :
- search engine sekaligus wiki,sensor keywords dan pattern-trend di tangan kita, boleh menempatkan iklan 3rd party dan 100% masuk kantong kita, cloud keywords sudah pake javascript yang membedakan besar kecil kata tergantung banyak sedikit query, bisa kita genti tampilan dengan css sesuka kita.
- Rss hanya menampung dari wiki saja, tapi tetep bagus, all query juga bisa kita emmbed langsung di situs

Google Co op :
- Search engine yang bisa kita atur situs mana yang bisa dimasukin, pake refinement apa, bisa kita tarok di situs kita bahlkan hasilnya pun terpampang di situs kita ala XML ! Belum lagi bisa kita gabungin dengan del.ici.ous bookmark ! Tambah edan lagi dahsyatnya !
- Self sensorship sesuai dengan tema blog/search engine kita ! Jadi gak usah capek-capek ngutak-atik kayak di eurekster !
- rss bisa kita masukin ke google reader, terus top query bisa kita emmbed ke situs kita ! edan tenan !
- Kalo rss sudah kita emmbed baik langsung ke blog atau reader, kalo orang ngeklik langsung dibawa ke search engine kita, kalo ada iklan dan diklik masuk lagi duit ! Huenak tenan.....! Biarkan G to G mechanism bekerja sendiri, tinggal leyeh-leyeh wae ! Seperti lingkaran setan !

Kelemahan
-Eurekster : network iklan masih kecil,kadang upload keywords lambat !
-Google Co op : hanya search engine thok, nggak ada wikinya, nggak boleh masukin iklan selain google adsense, tidak bisa menampilkan cloud ala javascript di querynya seperti eurekster.

Jadi gimana ? Mau eurekster ato Google ? Kalo gua sih dua-duanya !!

Bikinblogger
bikin blogger lebih hidup

4 comments :

  1. assalamualaikum,
    kulo nuwun,
    nunut ngangsu kawruh pakdhe.
    Matur nuwun bin terima kasih atas artikel-artikelnya.

    ReplyDelete
  2. Waalaikum Salam Waarahmatullahi wabarrakatuh,

    Monggo. Pun sekeca'aken mawon. Sami-sami oom.

    Bikinblogger
    Bikin blogger lebih hidup

    ReplyDelete
  3. mas YM nya apa? aku pengen ngobrol via YM ttg google adsen biar di acc
    YM ku sang_pengembara or chornet_sidp

    ReplyDelete
  4. wah git, nyuwun sewu aku jarang ym je...sebaiknya konsult di koment aja biar yang lain juga ngrasain manpaatnya...

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.