BREAKING NEWS

Download

Wednesday, April 18, 2007

How to Increase Google AdSense CTR !

Banyak orang yang berpikiran bahwa dapet duit dari Google Adsense itu cumak pasang kode adsense di sana-sini tus nunggu kiriman cek, ha kok enak temen, kalo begitu bayi juga bisa ! BENER-BENER SALAH BESAR ! Dulunya gua juga berpikiran begitu sih :P dua tahun yang lalu. Kemudian gua sadar bahwa tanpa optimisasi jelas tidak mungkin. Sekarang gua kasih tahu caranya bagaiman kiat-kiat menaikkan Google Adsense CTR dari 'kristalisasi keringat' gua selama dua tahun inih !

Beberapa tips untuk menaikkan Google Adsense CTR elu : gua colong dari sini

1. Pastikan iklan yan gada di site elu harus berhubungan dengan isi website elu. Ini adalah hal pertama yang musti elu lakuin karena kalo iklan nggak ada hubungannya maka akan sangat jarang orang yang ngeklik. Kemudian kalo gitu gimana ngatasinya ? Jangan cemas, setiap problem ada solusinya ! Ini caranya:
* Bikin sebuah keyword rich content. Gua saranin sih satu topik satu halaman.
* Lihat keyword rich content elu dan tandain beberapa diantaranya dengan huruf tebel ato miring. Tapi jangan banyak-banyak men, hanya 1 – 2 kali aja per halaman. Soalnya kalo nggak bakal dianggep spamming ama mbah Google.
* Gunain keyword elu sebagai judul.
* Gunain HTML Tag H1 sebagai judul content , dan sisipkan keyword di dalemnya. Jangan lupa buat narok tag ini di urutan kalimat paling depan.
* Kalo semua cara diatas belum bekerja juga, hanya ada satu kemungkinan lagi: nggak ada iklan yang cocok dengan keyword elu! Elu bisa ngeliat ini di the Digital Point Website. Namanya the Google Adsense Sandbox,


Elu ntar bakalan diprentah buat masukin keyword pilihan elu dan ini bakal muncul di setiap iklan Adsense yang berhubungan dengan keyword elu. Bagaimana kalo kata-kata iseng elu dicurigai mbah google? Ganti keyword! susah amat; kadang-kadang elu tinggal ngganti sekata dua kata ajah.
2. Gunain wide ads (336x280, 300x250 ato 250x250). Karena iklan-iklan ini yang paling banyak berhasil.
3. Campurin iklan elu dengan warna blog elu. Contohnya, kalo background blog elu putih, ubahlah ads border dengan warna putih juga. Kalo item ganti dengan item. Ini akan mengurangi ad-blindness.
4. Letakkan iklan Google Adsense elu di posisi berikut:
* Above the fold
Above the fold itu artinya bagian atas blog elu yang terlihat tanpa harus nyekrol ke bawah. Ini merupakan 'tambang emas'. Gua nempatin iklan ukuran 336x280 ad unit di lokasi ini dan bekerja dengan sangat memuaskan. Kenapa? Okay, kembali ke contoh yang tadi. Misalkan tulisan elu berjudul "how to bake delicious bread". Terus ada orang yeng dateng dari search engine; ketika dia buka keywords itu, dia melihat iklan yan gpertama mengenai "baking school", "baking book" atau "bread recipes". Siapa yang tidak tergoda?
* Di tengah-tengah artikel.
Ini bakal bekerja dengan baik kalo artikel elu panjang (lebih dari 500 kata). Orang cenderung akan berhenti sejenak sambil ngeliat2 sesuatu yang berbeda ketika mereka baca. Gua saranin sih gunain rectangular ads (125x125, 180x150, 300x250, 336x280, 250x250 ad unit) dan jangan lupa, bikin rata kiri.
* Di akhir artikel.
Banyak orang yang melaporkan bahwa nempatin Google Adsense ads di bagian bawah artikel cenderung bekerja dengan baik. Ini karena orang sudah selesai mbaca sebuah artikel yang menarik,dan biasanya mereka berfikir "okay, apa lagi ya?" Itu berarti kesempatan kita! dengan menempatkan Google Adsense ads di bagian bawah artikel, orang akan menghabiskan waktu beberapa saat buat baca iklan dan (mungkin) me-ngeklik-nya. Sebagai contoh, kalo elu nulis artikel tentang "how to bake delicious bread". Dan di bawah artikel itu ada iklan yang mengenai "bread recipes". Sapa yang nggak tergoda?

5. Berdasarkan kiat ke empat, gua enggak menyarankan elu buat nempatin 3 iklan dalam satu halaman. Berdasarkan pengalaman aing, jumlah ad unityang elu tarok di satu halaman enggak berpengaruh sama CTR elu. Pada kenyataannya, kadang gua nemuin kalo nempatin tiga iklan di satu halaman malah bikin iklan gua "unblended". Contohnya, gua tarok 160x600, 468x60 dan 336x280 ads di satu halaman tunggal. Tebak apa yang terjadi? Ads 468x60 gua hanya muncul 3 iklan didalemnya,dan iklan ukuran 336x280 gua hanya nampilin 2 ads di dalemnya! Saran gua sih begini: gunain 1 – 2 ad unit dan sebuah single link unit di halaman eluh (Google hanya mengijinkan 3 ad unit dan 1 link unit untuk ditempatkan di sebuah halaman tunggal).

6. Selalu gunain Link Unit!
Banyak orang yang nggak pernah menyadari kalo Link Unit itu format yang paling banyak menghasilkan duit kalo tahu cara menempatkan di tempat yang tepat. Coba tarok deket navigation menu. Orang akan salah mengiranya sebagai sebuah navigation menu dan secara otomatis membacanya. Jika iklan elu deket dan relevan dengan content elu, jelas ada kemungkinan besar mereka akan nge-klik. Gua mindah top navigation di salah satu website gua ke bagian bawah website dan menggantinya dengan 728x15 Link Unit Ads. Tahu nggak hasilnya? Google Adsense CTR gu anaik 200%! Edan kan ?

7. Pakai channel buat track hasil iklan elu.

8. Pakai Google Search Box di website elu. Walopun nggak akan naik drastis CTR tapi lumayan lah. Sekitar 3% dari pendapatan bulanan gua dari Google Search Box. Yang bikin seneng dari fasilitas ini sih jelas gua nggak perlu bikin search engine sendiri biarin mBah Google yang ngatasin!

10. Jangan pernah ngeklik iklan elu sendiri, atau meminta orang buat melakukanya. Percayalah,dengan berbagai cara akhirnya Google akan bisa mendeteksi klik nggak syah itu dan jelas elu bakal di banned. Sebaiknya, gua saranin elu kirim email ke Google kalo elu memergoki CTR elu "abnormal" (diatas 30%). Mintalah mereka menyelidikinya, bisa aja ada orang yang iri dengan elu trus coba ngancurin reputasi elu.

11. Tingkatkan traffic elu. Banyak cara buat meningkatkan traffic elu; pertama-tama elu harus belajar SEO (Search Engine Optimization), kemudian kirim website elu ke beberapa search engine,direktori, direktori free articles, bikin link baiting (memancing link), dan banyak lagi yan glain. Tar deh gua bahas lagi di tulisan yang lain.

12. Banyak yang menyarankan untuk menggunakan targeting high paying keywords. Tapi menurut gua jangan karena itu sama saja elu berkompetisi dengan semua pemegang posisi atas di SERPS (Search Engine Result Pages). Percayalah, ada ribuan orang yang berpikiran sama. Gua lebih menyaranakan elu buat menggunakan popular keywords yang banyak dicari orang di Google dan enggak begitu banyak pesaingnya (misalkan, 200 – 400 pencarian sehari dengan total pesaing dibawah 500.000). Mungkin memang bukan high paying keywords (hanya dibayar $0.1 - $1/click); tapi bayangin kalo elu bisa dapet 1000 views/hari dengan 3% CTR, elu udah dapet $3 - $30/sehari! (buat publisher pemula,segini mah udah bagus banget).

13. Spesifik lah! Kalo elu punya banyak sekali ketertarikan, jangan elu tarok semua di dalam satu website. Lebih baik elu bikin mereka satu web setiap satu hobi. Contohnya, elu suka membuat kue, masak dan berkebun. Jangan ditrarok semua di website tunggal karena akan kelihatan terlalu umum. Lebih baik elu bikin tiga website berbeda buat masing-masing. Ini akan membikin meeka lebih spesifik,punya targeted visitors yang lebih banyak dan keywords yang cocok.

14. Belajar dari "masters" . Elu bakal banyak menemukan tip dengan bergabung ke dalam Google Adsense forum seperti di sini

15. Sabar. Kalo elu baru sebagai Google Adsense publisher, ingatlah selalu satu hal : SABAR. Elu nggak bakal jadi milyuner dalam semalem. Semuanya butuh waktu (kecuali elu sudah punya traffic berjuta-juta).

9 comments :

  1. wah, tipsnya keren... :)
    udah ngumpulin duit berapa mas dari iklan google ini?

    ReplyDelete
  2. kecil-kecilan aja mas, antara 300 - 400 sebulan, lumayan buat bayar bandwith ! hahahahaa..target sih ngejar si cosa.....tapi kapan tahu dapetnya...hahahaha...

    ReplyDelete
  3. Coy artikel-nya anjrot top banget, gaya nulis ente yang ane seneng. Oh iya, tlg bahas artikel2 SEO yang dasar-dasar donk bwat pemula kayak gw. Thanks, salam kenal Paijo.

    ReplyDelete
  4. artikelnya ngebantu banget n yang pasti membangun semanget buat menjadi publisher adsense yang handal ... halah mimpi ?? thank u bro ... PIss

    ReplyDelete
  5. You are welcome ranggolawi, ingat..jangan terpaku kiat diatas ya..selalu trial and error..karena di internet semua berkembang dengan cepat, kita hari ini belum tentu cocok untuk kiat masa depan....

    ReplyDelete
  6. boz ini gw lagi (emang sapa gw ?), mo tanya nih menurut CA CTR yang aman tuh max 30% ya ? truss beberapa kali CTR gw antara 100%(3x)-30(2x)% trus baru buka account tadi ada CTR di 2 blog yang 100% ama 50% padahal cuman 1x clik dengan page impression di bawah 50. menurut boz gimana ? apa pasti bakal kena band di kemudian hari ? jantung gw dag dig dug neh boz solanya lom konfirmasi ke google support bingung nulisnya suratnya gmn. saran boz, bikin artikel tentang "Macam2 cara nulis surat ke Google" plizz, dengan bahasa inggris tentunya beserta contoh. misal kalo mau nyuruh google cek account kita kalo ada orang iseng klick fraud, tanya tentang settingan layout dll. berdasarkan pengalaman boz aja. thx ya
    sorry boz pidatonya kepanjangan.

    ReplyDelete
  7. mestinya ditambah satu lagi: "BERDOALAH" :D

    thanks buat tipsnya

    ReplyDelete
  8. wah ini tulisan gua buat 2 taon yang lalu masih dilihat orang...ajegile....

    Heheheeh....berdoa mah sudah pasti atuh,jangan lupa bersedekah kalo udah kaya...

    ReplyDelete
  9. artikelnya bagus, thanks for the info

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.