BREAKING NEWS

Download

Friday, April 20, 2007

Webmaster Guidelines - Kiat membangun PageRank

Berikut adalah tuntunan yang akan membuat situs elu ditemuin ama mbah Google , di-index, dan ngasih rank situs lu. Walopun elu nggak niat buat nerpin kiat2 ini,tapi setidaknya gua menghimbau elu buat kasih perhatian khusu sama yang namanya "Quality Guidelines," yang menggarisbawahi praktik2 kotor yang bisa emmbikin situs ditendang dari Google index atau malah dikenai hukuman selamanya. Kalo satu situs udah dihukum ama mbah Google, maka gak bakalan muncul di situs Google.com atau salah satu afiliasinya. Ini terjadi pada situs BMW !

...banyak orang yang belum ngerti aturan ini wong gua aja baru tahu malem inigitu loch...
* Desain, isi, dan tuntunan teknis
* tuntunan Kualitas

Kalo situs elu udah:

* Punya situs yang relevan yang nge-link ke situs eluh.
* Kirimin situs eluh ke mBah Google di http://www.google.com/addurl.html.
* Kirim sebuah Sitemap sebagai bagian dari Google webmaster tools. Google Sitemaps menggunakan sitemap elu buat mempelajari struktur dari situs elu dan menaikkan cakupan mbah google di halaman web eluh !
* Pastikan bahwa situs-situs yang harusnya 'kenal' dengan situs elu itus sadar kalo situs elu itu online.
* kirim situs elu ke direktori yang penting macem the Open Directory Project dan Yahoo!, dan tentu saja situs-situs ahli di industri Search engine ginian !

Desain dan tuntunan isi

* Buatlah situs dengan hirarki yang jelas serta punya text links. Setiap halaman harus bisa dibuka setidaknya satu text link statis.
* Tawarin sebuah site map ke penguna situs elu dengan link-link yang mengacu kepada bagian terpenting di situs eluh. Jika site map-nya lebih besar dari 100 biji dan begitu juga link-link - nya, gampang saja, pecah aja site map lu menjadi beebrapa halaman terpisah.
* Buatlah situs yang berguna,kaya informasi, dan selalu menulis dengan jelas dan tepat dan cocok antara isi dengan tema.
* Pikirkan dulu kata-kata yang mungkin digunain pengunjung situs elu yang akan digunain di search engine, dan pastikan situs elu memuat kata-kata itu.
* Selalu gunakan tulisan daripada gambar untuk menampilkan nama-nama,isi,link yang penting-penting. Crawlernya mBah Google nggak emngenali tulisan yang berada di dalem gambar.
* PAstikan bahwa tag TITLE dan ALT bener tepat dan bersipat menggambarkan.
* Selalu periksa link yang mati dan segera koreksi kode HTML-nya kalo ada yang rusak.
* Jika elu memutuskan untuk menggunakan halaman dinamis (contoh : URL mengandung sebuah karakter "?"), hati-hati aja kaena nggak semua spider-nya search engine bisa meng-crawls halaman dinamis itu seperti halaman statis. Selalu menjaga parameter tetep pendek dan jumlahnya juga sedikit.
* Bikin link di satu halaman harus masuk akal (kurang dari 100).

Panduan Teknis

* Gunakan sebuah text browser seperti Lynx buat ngecek situs eluh, karena kebanyakan spider-nya search engine akan melihat situs elu seperti cara Lynx. Jika fitur-fitur tambahan yang elu bikin buat menghias situs/blog elu terlalu banyak dan malah menghalangi situs elu di crawl (seperti JavaScript, cookies, session IDs, frames, DHTML, ato Flash ) di text browser maka spider search engine yang lain pun akan mengalami kesulitan buat nge-crawl situs eluh !
* Biarkan search bots nge-crawl situs eluh tanpa musti ngliwatin session ID ato argument yang bakal nge-track jalan mereka menuju situs elu. Teknik ini berguna buat melacak kebiasaan pengunjung individu, tapi pola dari akses bots2 itu masing-masing saling berbeda. Kalo nggunain teknik ini mungkin malah akan menghasilkan pengindeks-an yang tidak lengkap dari situs elu, karena bvisa saja bots tidak sanggup buat menghilangkan URL-URL yang kelihatanebrbeda walopun sebenernya mengarah ke halaman yang sama juga.
* Pastikan web server elu sudah mendukung the If-Modified-Since HTTP header. Fitur ini memungkinkan web server elu buat ngasi tahu mBah Google apakah isi situs elu udah berobah semenjak mBah Google nge-crawl situs elu. Kalo sudah ada fitur ini maka akan emnghemat bandwidth dan tentu saja biaya.
* Gunain robots.txt file di web server elu. File ini berguna buat ngasih tahu crawler direktori mana aja yang bisa ato nggak bisa di-crawl. Pastikan kalo saat ini robots.txt ada di situs elu sehingga elu enggak dengan tidak sengaja nge-block Googlebot crawler. Kunjungi http://www.robotstxt.org/wc/faq.html buat belajar bagaimana memberi perintah si robot ini ketika mereka ngapelin situs elu. Elu bisa nge-test robots.txt file elu buat mastiin bahwa elu sudah nggunain dengen bener dengan robots.txt analysis tool yang sudah disediakan mBah Google di Google webmaster tools.
* Kalo elu ngebeli sebuah CMS ( content management system) , pastikan bahwa sistem itu bisa ngekspor isi situs elu sehingga spider dari search engine bisa nge-crawl situs elu.
* Gunain robots.txt untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian ato halaman2 auto-generated lainnya yang tidak banyak menambha nilai buat pengunjung situs elu yang datang melalui search engine.

Quality Guidelines - Pedoman Kualitas

Pedoman kualitas dibawah ini mencakup bentuk kebanyakan dari kebiasaan curang dan manipulatif, tapi sebenernya mBah Google itu ngasih respon negatif ke praktik2 keblinger laen yang tidak gua cantumin disini lho (contoh : mengelabui pengunjung dengan mendaftarkan plesetan URL website2 yang udah punya nama). Jangan mentang2 teknik2 curang yang lain nggak disebutin disini trus elu nglakuin, mBah Google mah bakalan tahu juga ntaran ! Pokoke Webmaster2 yang mencurahkan tenaga mereka untuk tetap menjaga prinsip2 dasar kejujuran akan tetap lebih banyak mendapat kunjungan dan seterusnya akan menimati rangking yang tinggi dibandingkan mereka yang menghabiskan waktu buat nyari loophole yang bisa mereka masukin.

Kalo elu ngelihat satu situs menyalahi pedoman kualitas mBah Google, tolong deh laporin situs itu ke http://www. google.com/contact/spamreport.html. mBah Google lebih suka memberikan solusi yang otomatis dan terpadu jadi bisa hemat waktu perang dengan tukang spam. Laporan spam yang diterima mbah Google bakalan digunain buat menciptakan algoritma menyeluruh yang akan emngenali dan mengeblok percobaan2 spam di masa yang akan datang.

Quality guidelines - basic principles (Prinsip dasar pedoman kualitas mBah Google)

* Bikinlah halaman situs buat pengunjung situs elu, bukan buat search engine. Jangan mengelabui pengunjung elu atau menghadirkan isi yang berbeda-beda dari search engine terus kemudian elu tampilin ke pengunjung elu, ini disebut sebagai "cloaking."
* Hindari trick yang bertujuan untuk menaikkan rangking di search engine. Bayangin aja apakah elu bisa nyaman disuruh menerangkan apa yang telah elu lakuin ke sebuah website yang nyata-nyata berkompetisi dengan website eluh ? Cara lain buat nge-tes adalah bertanya, "Apakah ini menolong pengunjung situs gua? Apakah yang bakal gua lakuin kalo di dunia ini nggak ada Search Engine?"
* Jangan ikut-ikutan ke arisan link yang bertujuan buat naikin ranking situs elu atau PageRank. Secara khusu, hindari link ke web spammers atau "bad neighborhoods" di dunia web, karena bisa aja rangking lu jebot gara-gara tetangga brengsek elu tadi.
* Jangan gunain program komputer buat kirim halaman, nge-check ranking, dll. Seperti program-progam yang bikin boros daya computer dan melanggar Terms of Service mBah Google. Google tidak menyarankan pengunaan produk-produk seperti WebPosition Gold™ yang mengirim query-query otomatis ato terprogram ke Google.

Quality guidelines - specific guidelines ( Pedoman kualitas - pedoman khusus )

* Hindari hidden text atau hidden links.
* Jangan gunain cloaking atau sneaky redirects.
* Jangan kirim query otomatis ke Google.
* Jangan isi halaman situs elu dengan kat-kata yan gtidak berhubungan.
* Jangan bikin halaman ganda, subdomains, atau domains yang isinya konten yang sama.
* Jangan membikin halaman yang mengandung viruse, trojan, atau badware yang laen.
* Hidnari halaman "doorway" yang dibikin hanya untuk search engines, atau "cookie cutter" yang laen, contohnya seperti program afiliasi yang hanya berisi sedikit konten asli ato malah nggak ada sama sekali.
* Jika situs elu ikut sebagai salah satu program afiliasi, pastikan bahwa situs lu punya nilai tambah. Sajikan isi yang unik dan penting yang membikin pengunjung elu balik lagi nanti.

Jika sebuah situs enggak menerapkan pedoman kualitas ini, mungkin saja di block dari index. Kalo ternyata setelah membaca ini elu mikir "wah situs gua belum cocok sama pedoman ini nih" maka segeralah diubah jadi entarnya nggak usah cemas di bannded sama mbah Google ! Tapi kalo udah kadung disikat mBah Google, dan elu sudah tobat, elu bisa minta pengampunan di sini....



















18 comments :

  1. Terima kasih atas infonya, saya jadi sedikit mengerti tentang PageRank. Yang aku masih sangat binung adalah gimana supaya bisa masuk dalan SERP Yahoo.

    Koq kayaknya susah banget, atawa akunya aja nyang bego ya. Toloong dong kasih saran. Thank's ya.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama jewel.

    Kenapa susah dirangking dalam SERP yahoo ? Kalo saya karena saya pake blogspot yang jelas punyanya google. Coba kalo pake ngeblog di yahoo 360 derajad, pasti bakal masuk SERP yahoo lebih banyak. Saat ini di statistik saya, kalo dari mbah google dapet 10, maka dari yahoo cumak 1. MSN lebih parah lagi, kaga ada !

    Cara paling gampang ya itu tadi, kasih deh social bookmarking dari MSN dan Yahoo, ntar setiap post dikirim ke mereka (dengan catatan kita sudah ngirim URL web kita sebelumnay seperti petunjuk di artikel diatas). Terus robotxt atau crawlernya jangan di block untuk mbah gugel saja, biar crawl search engine yang lain juga bisa ngecrawl.

    Mau cari cara paling gampang dicrawl yahoo ? Daftarin situs elu di friendster, terus masukin keywords di search engine frienster itu yang paling banyak dicari di meta tag eluh...di jamin cepet !

    ReplyDelete
  3. Saya tergiring dari situsnya om cosa ke blog ini, Wah terima kasih banyak infonya utk halaman ini, memberi pencerahan. Thanks ya Bos !

    ReplyDelete
  4. sama-sama men...

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas inforasinya, btw:

    Kalo elu ngebeli sebuah CMS ( content management system) , pastikan bahwa sistem itu bisa ngekspor isi situs elu sehingga spider dari search engine bisa nge-crawl situs elu.

    Kalimat di atas tentang "ekspor" maksudnya apa? ngekspor isi situs itu loh, aku gak paham. ekspornya ke mana? beri contohnya,(maklum katro',wong deso).contohya?
    Yang aku tahu buat teks di notepad dicopy paste ke artikel management trus di klik, itu bisa juga ekspor.
    CMS Wordpress apa termasuk dah support ini?apa aja yg bisa export?joomla?TERimakasih ya , jawabannya.

    ReplyDelete
  6. ngekspor di sini artinya tidak bermasalah waktu export file via FTP ke domain webserver bos. WP sama joomla pasti bisa lah (gu agak pengalaman soala dua cms ini) yng jelas phpnuke bisa banget.

    ReplyDelete
  7. artikelnya bagus mas... tapi kok ada yang aneh, kenapa blognya BB ini pagerank-nya masih nol? dadi bingung aku mas...

    ReplyDelete
  8. artikelnya bagus. tapi kenapa blog ini pageranknya nol ya?

    ReplyDelete
  9. soale enggak tak laksanain itu kiat webmaster hehehe...mosok sih ? Aku pake google desktop PR nya dua lho...sampeyan mriksa pake 3rd party ya ?

    Yang kedua, kebanyakan ini kan saduran, jadi mungkin dianggap bukan 'genuine' articles sama mbah gugel.

    Yang ketiga, aku lebih kosen nulis tentang adsense, kalo elu elihat SEO nya dikit sekali....

    Di blog aku yang lain, paling gede punya PR adalah 4...itu pun enggak melaksanain 100% kiat diatas.....hahaha

    BB
    Gedhang woh pakel, ngomong gampang nglakoni angel

    ReplyDelete
  10. aku masih ndak mudeng mas hahahahha
    maklum baru belajar 3 minggu

    ReplyDelete
  11. tar juga mudeng....

    ReplyDelete
  12. aku bingung :(. gaptek :((. gak bisa ad sitemap. Ngga tau url sitemap ku opo. heeeeelllppppppp. Give up dah!!!

    ReplyDelete
  13. caranya itu dicoba sambil dibaca....terus..menerus, jangan mudah menyerah...

    ReplyDelete
  14. weleh aku baru sadar nek postingan iki tibak e terjemahan... moco iki ae ra mudheng opo neh moco asline wakakakakakakak

    ReplyDelete
  15. praktek dulu mudeng kemudian, kalo buntu ditengah jalan...selalu ada mbah gugel yang siap sedia...begitulah prinsipnya....

    ReplyDelete
  16. thank nich infonya sangat berguna

    ReplyDelete
  17. bikinblogger punya blogspot yang pake bahasa inggris gak? pingin liat gue.

    ReplyDelete

Trimakasih dah komen lho ! Kenapa gak sekalian langganan liwat email ajah ? Kan enak tuh, gak mesti ngebrowse ke sini, tiap ada posting baru tinggal buka email udah bisa deh baca bikinblogger. Klik ajah di sini.

Langganan

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini
 
Copyright © 2014 Bikin Blogger Share on Blogger Template Free Download.